Sabtu, 29 Juni 2013

IBD KEGELISAHAN

Assalamualiakum.Wr.Wb

Tabiat kehidupan dunia adalah penderitaan, kesedihan dan kesusahan. Kondisi-kondisi yang meliputi manusia tidak pernah ‘kering’ dari kesedihan atas masalah yang telah dilalui, atau kegelisahan atas masalah yang sedang menghantui, atau kecemasan atas masalah yang akan diarungi. Ini sesuai dengan firman Allah SWT:

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah.” [QS. al-Balad: 4]

Setiap orang, sesuai dengan kemampuannya masing-masing, berupaya mengekspresikan kegelisahannya sebagai akibat dari pengaruh-pengaruh emosional reaktif yang dikhayalkan akan mengancam kehidupan atau ketenangannya.

CERITA : Banyak kegelisahan yang telah saya alami baik dalam menunggu hasil ujian maupun kelulusan sekolah pasti setiap orang mempunyai rasa kegelisahan dalam dirinya sejujurnya rasa kegelisahan yang paling saya ingat hanyalah ketika menunggu hasil SNPTN yang saya ikuti seperti siswa pada ummunya setelah saya lulus SMA saya pun  ingin  masuk ke universitas negeri di jakarta dengan pesaing yang tidak sedikit jumlahnya menurut saya hanya faktor luck yang bisa lolos dan masuk ke universitas yang mereka inginkan, memang tidak mudah untuk menggapai itu semua,saat itu hanya berdo'a lah yang bisa saya lakukan rasa takut dan cemas lah yang hanya saya rasakan.saya tidak mau mengalami kegagalan, dan saya tidak mau mengecewakan orang orang disekitar saya terutama adalah orang tua yang telah menaruh harapan besar. yang ada dalam pikiran ku saat itu adalah Bagaimana hasil dari Ujan ku, bagaimana nilainya ? Namun, aku berusaha keras untuk tetap berpikir positive, aku selalu berdoa kepada Allah agar bisa lulus dengan nilai baik. perasaan gelisah yang sudah pasti dirasakan oleh seluruh siswa yang ingin masuk ke universitas yang mereka inginkan di Indonesia. Yang kami harapkan sama, LULUS DENGAN NILAI MEMUASKAN !

LANGKAH DALAM MENGATASI KEGELISAHAN :

1. Gunakan logika

Jika Anda orang yang mudah gelisah, mudah bagi Anda untuk mengubah hal kecil menjadi sebuah hal besar yang menakutkan. Jika Anda mulai khawatir dan gelisah tentang sesuatu, ingat fakta-fakta sebenarnya dan ingat juga bahwa Anda sebelumnya mungkin pernah mengkhawatirkan hal-hal tak penting ini sebelumnya.

2. Ingat untuk tarik napas

Olahraga sangat penting. Cobalah untuk mendaftar ke kelas yoga atau taichi yang bisa membantu Anda menenangkan pikiran dan mengajarkan Anda cara bernapas dengan benar. Jika Anda mulai gelisah, cobalah untuk relaks dan santai karena otot Anda akan tegang jika Anda gelisah.

3. Nikmati saat ini

Nikmati saat-saat yang Anda miliki saat ini dan berhenti khawatir tentang masa depan dan masa lalu. Dengan fokus pada apa yang Anda miliki sekarang dan mensyukurinya, Anda akan jadi lebih relaks dan bisa mengurangi kegelisahan Anda.

Selain itu anda juga dapat mencoba tips berikut untuk mengurangi kegelisahan anda :

   1. Kurangi waktu luang anda yang memungkinkan anda memikirkan kegelisahan anda dengan mengisinya dengan berbagai aktifitas positif, atau lakukan aktifitas yang lumayan berat sehingga tubuh anda lelah dan tidak punya cukup waktu untuk memikirkan kegelisahan anda. Ketika tubuh anda lelah maka anda akan semakin cepat tidur untuk mengistirahatkan fisik anda.
      
   2. Berfikir positif tentang apapun dalam hidup anda, hilangkan fikiran negatif dari kepala anda. Jika anda mengirim sinyal positif maka anda akan menadapat sinyal balik berupa hal positif begitu juga sebaliknya.
      
   3. Beri pengaruh positif terhadap fikiran anda dengan membaca buku-buku atau menonton film atau mengobrol dengan orang-orang yang dapat menginspirasi dan memberi anda dukungan.

   4. Untuk lebih rileks, anda dapat mencoba berbagai aroma therapi yang dapat membantu anda merasa lebih rileks dan lebih tenang.
      
   5.Ingat kembali apa yang anda suka dan apa impian hidup anda, mulailah melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak pernah berani anda lakukan, ambil resiko untuk melakukan hal-hal yang anda sukai dan nikmatilah hidup anda.
      
   6. Cari lah teman berbagi yang bisa mengerti dan memahami anda, ekspresikan perasaan anda dan belajarlah untuk mulai membuka diri.

   7. Singkirkan berbagai perasaan negatif anda dan alihkan terhadap hal-hal positif yang dapat membantu anda merasa lebih baik.

SUMBER : http://angga-wibowo.abatasa.co.id/post/detail/11291/50-langkah-cara-mengatasi-gelisah-ketegangan-dan-tekanan-jiwa.html
http://abortus.blogspot.com/2008/04/mengatasi-kegelisahan.htm
 http://syahsoza.blogspot.com/2011/04/ciri-dan-cara-mengatasi-kegelisahan.html

semoga bermanfaat.wassalam







Tidak ada komentar:

Posting Komentar