CURRICULUM VITAE
Personal Details
Name : Kholidah Nastai’in
Place,Date of Bird : Musi Banyuasin ,21 Agustus 1995
Address : jl.Raya caman Depkes 3
Sex : Female
Status : Single
Nationality : Indonesian
Religion : Islam
Phone : 087784294093
E-mail : kholidahnastain@gmail.com
Education
2000
– 2006 : SDN 2 Sumber Rezeki
2006
– 2009 : Madrasah Tsanawiyah PP Asssalam
2009
– 2012 : Madrasah Aliyah PP Assalam
2012
– Present : Gunadarma University
(Information System)
·
Computer
Literate (MS Word, MS Exel, MS Power Point)
·
Internet
Literate
·
Have certified
of English Program of Pare-Kediri course
·
Have work
experience in PT. Surya Teknik
·
Have work experience
in Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma
Bekasi,
10
Juni 2015
Hormat
Saya,
Kholidah
Nasta’in
PEMBUATAN CV YANG
BAIK DAN MENARIK
CV(Cururiculum Vitae)atau yang biasa di kenal dengan
Daftar Riwayat Hidup merupakan sesuatu yang tak bisa di tinggalkan saat melamar
pekerjaan.Pembuatan CV tentu saja harus di buat sebaik mungkin dengan benar
serta tidak asal-asalan.Sehingga apabila anda menggunakannya untuk melamar
pekerjaan akan mampu meyakinkan bahwa yang ada pada daftar riwayar hidup anda
memang benar adanya.
Perlu di ketahui daftar riwayat
hidup yang anda buat akan bermanfaat sampai nanti.Jika ada perubahan anda
tinggal menambahkannya saja.Bagi yang sudah pernah membuat tentunya akan
semakin mudah, namun bagi yang belum pernah tentunya membutuhkan contoh CV
sebagai rujukan untuk membuat dalam format yang sesuai.
Ada
beberapa hal yang harus di perhatikan saat membuat Curriculum Vitae agar bisa
menunjukan keprofesionalan anda.
1.
Maksimal paling banyak 3-4 lembar
2.
Tulis pengalaman yang penting saja, pengalaman yang tidak penting sebaiknya
tidak di tulis
3.
Tidak bertele-tele dengan penulisan yang singkat dan mudah di pahami
4.
Masukan pendidikan formal,non formal,pengalaman kerja,dan pengalaman organisasi
5.
Buatlah sejujur mungkin yang menunjukan integritas anda,jangan memalsukan
karena bisa berdampak negatif.
Beberapa
hal yang mesti anda perhatikan dalam Membuat CV yang menarik,
Pertama,
CV yang rapi dan mudah di baca. Rapi dan mudah di baca adalah syarat mutlak
jika anda ingin CV yang anda kirim di baca oleh perusahaan yang anda
lamar.Dalam membuat CV yang menarik penampilan menentukan apakah pembacanya
ingin melanjutkan ke tahapan selanjutnya dalam proses penerimaan pegawai.CV
yang rapi dan mudah di baca menggambarkan bahwa anda adalah pribadi yang
teratur,tertib dan sistematis.
Kedua,Informasi
CV yang lengkap.CV yang efektif adalag CV yang berisi informasi lengkap.Gunakan
bahasa formal ,kalimat sederhana dan selalu konsisten dalam seluruh dokumen
yang di sertakan dalam CV.ingat,sellau jujur dan akurat dalam menulis CV.
Ketiga,Sajikan
CV secara ringkas.CV memang sebaiknya lengkap, namun bukan berarti sampai
panjang dan berisi berlembar-lembar halaman.coba paparkan informasi lengkap secara detail dan relevan
dalam sekitar 1-2 halaman pada CV yang anda kirim.Terlalu banyak halaman juga
malah akan membuat yang membacanya menjadi malas dan bosan.
Keempat,
Konsisten Karir,Hampir semua orang tahu bahwa konsistensi karir adalah salah
satu hal penting yang akan di pertimbangkan oleh perusahaan dalam merekrut pegawainya.Banyak perusahaan
yang lebih memilih yang berpengalaman dan sudah ahli dalam bidangnya untuk
mengisi posisi lowong yang ada dalam perusahaan tersebut.
Kelima,
Cantumkan Prestasi(Achievement) Selama Bekerja. Selalu cantumkan pencapaian
prestasi anda pada setiap jabatan atau posisi yang pernah anda tempati
sebelumnya.CV adalah kesempatan anda untuk menjual bukti bahwa anda mampu dan
memiliki kompetensi kepada perusahaan yang akan merekrut.Jangan takut dan ragu
untuk menunjukannya.Asalkan prestasi tersebut memang benar maka biasanya
perusahaan akan sangat tertarik untuk merekrut pegawai yang sudah berprestasi
di perusahaan sebelumnya.
Gunakan
aplikasi desain agar menarik, pada umunya banyak yang menggunakan aplikasi
Microsoft word saja untuk membuat CV dan ini membuat CV terlihat umum,
sederhana, dan kurang menarik. Agar lebih terlihat lebih menarik anda bisa
menggunakan beberapa aplikasi desain yang akan membantu CV kita mampu menarik
perhatian perusahaan-perusahaan yang kita kirimkan CV. Beberapa aplikasi desain
yang bisa kita pakai adalah Adobe
Photoshop,Adobe Indesign,Corel Draw dan masih banyak aplikasi desain lainnya
yang bisa kita gunakan.
Saran
:
§ Buatlah Cv yang berbeda untuk setiap pekerjaan yang
di lamar
§ Sesuaikan kualifikasi yang anda tonjolkan dalam
setiap CV dengan persyaratan yang di tuntut dalam posisi yang di lamar
§ Yakinlah bahwa pembaca CV anda akan mengerti dengan
jelas apa-apa yang anda tulis.
§ Tekankan pada prestasi anda dan minimalkan
kelemahan(misal anda bisa urai lebih dalam sebagai aktivis senat ketimbang IP
anda yang biasa saja)
§ Print dengan kualitas yang bagus jangan fotokopyan
§ Jangan lupa buatlah Cover letter yang menarik juga
dan kreatif sebagai pengantar CV kita.
§ Untuk lamaran perusahaan-perusahaan besar,pemakaian
bahasa inggris sering menjadi nilai tambah.
§ Terakhir, jngan pernah berbohong dengan mencantumkan
yang tidak anda lakukan atau bukan anda dalam CV.
KESALAHAN YANG SERING TERJADI SAAT WAWANCARA KERJA
Tak
dapat di pungkiri banyak orang yang grogi dan stres saat menghadapi wawancara
kerja.bahkan,banyak yang terlalu takut dan khawatir hingga akhirnya kehilangan
ketenangan,kepercayaan diri,dan kesempatan
untuk mendapatkan pekerjaan.
Terdapat
6 kesalahan yang biasanya terjadi saat wawancara kerja:
1. Penampilan
Ketika anda baru menjalankan proses wawancara kerja
di suatu perusahaan,maka hal pertama yang akan di lihat oleh pihak HRD yaitu
penampilan anda. Sepintar apapun anda atau mau mau sebanyak apapun keahlian
yang anda miliki, tetaplah penampilan yang akan menjadi nilai utama untuk
membuat kesan pertama yang baik saat akan menjalankan proses wawancara
kerja.Oleh karena itu, anda harus berusaha untuk menjadi seseorang layaknya
orang kantoran , dan tampilah seprofesional mungkin.
2. Terlalu banyak bicara tentang gaji
Kesalahan yang sering terjadi saat menjalankan
proses wawancara kerja yaitu pelamar tidak bisa mengungkapkan hal apa yang ia
inginkan terkait karir di perusahaan yang di lamar. Bukannya mengungkapkan
keahlian yang di miliki serta tanggung jawab yang nantinya kaan di tanggung,
banyak di antaranya pelamar kerja malah langsung membicarakan perkara gaji.Dan
secara tidak langsung hal ini akan
melemahkan kemampuan yang anda miliki jika anda terus menerus membiacarakan
perkara gaji yang akan anda peroleh.
3. Sikap yang arogan
Tidak sedikit para pelamar kerja yang beranggapan
pihak HRD tidaklah terlalu berguna, dan alasan yang mereka berikan karena anda
ingin langsung berhadapan dengan supervisor.
Padahal jika memang anda ingin mendapatkan
pekerjaan,pihak HRD merupakan orang yang di tunjuk oleh perusahaan untuk
mewawancarai anda sebelum anda berhadapan langsung dengan supervisor.Jika
selama anda wawancara kerja anda terlihat sangat meremehkan pihak HRD, maka anda
akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan.
4. Berpura-pura bisa melakukan segalanya salah satu
kesalahan umum wawancara adalah ketika calon pekerja mengatakan bahwa ia bisa
melakukan dengan baik tugas yang di jelaskan,sekalipun kenyataan nya ia tidak
mempuni dalam tugas itu. John Mahony pakar kepegawaian dari kavaliro, sebuah
perusahaan jasa perekrutan pegawai yang berbasis di Orlando As,menuturkan bahwa
kejujuran adalah kebijakan terbaik.”Dalam kebanyakan kasus,perusahaan mencari
individu yang ahli dalam bidang tertentu, “ katanya. Ia menambahkan, jujur
dalam wawancara akan menngetahui kekuatan dan kelemahan pencari kerja sehingga
bsa di tempatkan di posisi yang tepat.
5. Mengabaikan pertanyaan tentang media sosial. Media
sosial telah di manfaatkan untuk sejumlah perekrutan karyawan, jangan abaikan
pertanyaan ini bahkan juka di tanya mengenai penggunaan media sosial secara
pribadi. Sebab, dari situ perusahaan bisa mengetahui bagaimana pengetahuan anda
tentang tren terbaru atau memngungkap sisi lain pribadi anda.
6. Membawa energi negatif Energi dan perilaku positif
akan memberikan banyak manfaat, terutama dalam wawancara kerja. Jika anda
menyinggung sebuah pengalaman buruk tentang tempat kerja atau wawancara
sebelumnya, perusahaan akan berfikir ribuan kali untuk mengajaka anda bergabung
dengan mereka.Selain itu,hindari pula sikap tidak percaya siri saat di
wawancara.
7. Mengabaikan minat dan hobi sering kali calon pekerja
mengabaikan minat dan hobi yang di anggap nya tidak berhubungan dengan
pekerjaan yang akan mereka jalani.Dalam
wawancara kerja, jangan ragu menceritakan hobi yang mungkin agak melemceng
dengan pekerjaan yang anda lamar. Sebab, hal itu akan menunjukan kemampuan anda
lainnya.Misalnya,hobi menulis puisi menunjukan bahwa anda adalah seorang yang
kreatif.
8. Tak tahu latar belakang perusahaan , banyak pelamar
yang sudah mempelajari bagaimana menjawab pertanyaan dasar.Namun,seringkali
mereka lupa mencari informasi mengenai profil singkat perusahaan dan latar
belakang lainnya.
9. Tidak mengajukan pertanyaan di akhir wawancara,
pewawancara akan menanyakan apakah ada pertanyaan yang akan disampaikan
pelamar.Dalam hal ini,banyak pelamar yang memilih diam agar terlihat mengerti.
Namun sesungguhnya memberi pertanyaan tentang pekerja,perusahaan,atau budaya
perusahaan akan menunjukan bahwa di pelamar memiliki minat dan motivasi yang
besar terhadap pekerjaan.
Sebuah
penelitian baru telah di lakukan oleh CareerBuilder menyebutkan bahwa ada
beberapa hal lainnya yang juga dapat berpengaruh besar terhadap keberhasilan
seseorang dalam menjalankan proses wawancara kerja selain beberapa kesalahan
umum lainnya seperti di atas :
Para
profesional yang terdiri dari beberapa pihak sumber daya alam CareerBuilder pun
menjelaskan, bahwa ada di antaranya beberapa kesalahan yang sangat fatal yang
memang sering tidak kita sadari yang bisa membuat seseorang itu mengalami
kegagalan dalam proses wawancara kerja dan pada akhirnya mereka gagal dalam
mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan. Dan beberapa kesalahan tersebut
yaitu sebagai berikut.
§ Hal sepele yang berakibat fatal juga ketika para
pelamar bertanya,’nama perusahaan ini tadi apa ya?’ nah jika anda lupa terkait
nama perusahan,sebaiknya anda menghindari untuk menanyakan hal tersebut ketika
proses wawancara berlangsung.
§ Ketika pihak perusahaan menelpon anda pelamar
menahan panggilan tersebut beberapa menit lamanya, dan setelah melanjutkan
percakapan , pelamar malah mengatakan bahwa dirinya telah memiliki acara lain
yang bersamaan pada jadwal wawancara berlangsung yang memang telah di tentukan
oleh pihak perusahaan.
§ Ketika proses wawancara berlangsung pelamar
mengatakan tepat waktu merupakan hal yang paling penting dalam dunia
kerja,padahal dirinya sendiri datang tidak tepat waktu.
§ Pelamar tidaklah bersikap secara sopan terhadap
orang-orang yang di temuinya di tempat wawancara,padahal sebagian besar dari
mereka merupakan orang-orang yang akan mewawancarainya.
§ Ketika proses wawancara berlangsung,pelamar dengan
sengaja melepaskan sepatunya
§ Pelamar meminta minuman orang-orang yang berperan
sebagai orang yang mewawancarainya
§ Ketika pelamar mencoret-coret fasilitas gedung
tempat wawancara berlangsung
§ Dan hal lainnya yaitu ketika pelamar menyepelekan
gaji yang memang di tawarkan oleh perusahaan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar