KESALAHAN YANG SERING TERJADI SAAT WAWANCARA KERJA
Tak
dapat di pungkiri banyak orang yang grogi dan stres saat menghadapi wawancara
kerja.bahkan,banyak yang terlalu takut dan khawatir hingga akhirnya kehilangan
ketenangan,kepercayaan diri,dan kesempatan
untuk mendapatkan pekerjaan.
Terdapat
6 kesalahan yang biasanya terjadi saat wawancara kerja:
1. Penampilan
Ketika anda baru menjalankan proses wawancara kerja
di suatu perusahaan,maka hal pertama yang akan di lihat oleh pihak HRD yaitu
penampilan anda. Sepintar apapun anda atau mau mau sebanyak apapun keahlian
yang anda miliki, tetaplah penampilan yang akan menjadi nilai utama untuk
membuat kesan pertama yang baik saat akan menjalankan proses wawancara
kerja.Oleh karena itu, anda harus berusaha untuk menjadi seseorang layaknya
orang kantoran , dan tampilah seprofesional mungkin.
2. Terlalu banyak bicara tentang gaji
Kesalahan yang sering terjadi saat menjalankan
proses wawancara kerja yaitu pelamar tidak bisa mengungkapkan hal apa yang ia
inginkan terkait karir di perusahaan yang di lamar. Bukannya mengungkapkan
keahlian yang di miliki serta tanggung jawab yang nantinya kaan di tanggung,
banyak di antaranya pelamar kerja malah langsung membicarakan perkara gaji.Dan
secara tidak langsung hal ini akan
melemahkan kemampuan yang anda miliki jika anda terus menerus membiacarakan
perkara gaji yang akan anda peroleh.
3. Sikap yang arogan
Tidak sedikit para pelamar kerja yang beranggapan
pihak HRD tidaklah terlalu berguna, dan alasan yang mereka berikan karena anda
ingin langsung berhadapan dengan supervisor.
Padahal jika memang anda ingin mendapatkan
pekerjaan,pihak HRD merupakan orang yang di tunjuk oleh perusahaan untuk
mewawancarai anda sebelum anda berhadapan langsung dengan supervisor.Jika
selama anda wawancara kerja anda terlihat sangat meremehkan pihak HRD, maka anda
akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan.
4. Berpura-pura bisa melakukan segalanya salah satu
kesalahan umum wawancara adalah ketika calon pekerja mengatakan bahwa ia bisa
melakukan dengan baik tugas yang di jelaskan,sekalipun kenyataan nya ia tidak
mempuni dalam tugas itu. John Mahony pakar kepegawaian dari kavaliro, sebuah
perusahaan jasa perekrutan pegawai yang berbasis di Orlando As,menuturkan bahwa
kejujuran adalah kebijakan terbaik.”Dalam kebanyakan kasus,perusahaan mencari
individu yang ahli dalam bidang tertentu, “ katanya. Ia menambahkan, jujur
dalam wawancara akan menngetahui kekuatan dan kelemahan pencari kerja sehingga
bsa di tempatkan di posisi yang tepat.
5. Mengabaikan pertanyaan tentang media sosial. Media
sosial telah di manfaatkan untuk sejumlah perekrutan karyawan, jangan abaikan
pertanyaan ini bahkan juka di tanya mengenai penggunaan media sosial secara
pribadi. Sebab, dari situ perusahaan bisa mengetahui bagaimana pengetahuan anda
tentang tren terbaru atau memngungkap sisi lain pribadi anda.
6. Membawa energi negatif Energi dan perilaku positif
akan memberikan banyak manfaat, terutama dalam wawancara kerja. Jika anda
menyinggung sebuah pengalaman buruk tentang tempat kerja atau wawancara
sebelumnya, perusahaan akan berfikir ribuan kali untuk mengajaka anda bergabung
dengan mereka.Selain itu,hindari pula sikap tidak percaya siri saat di
wawancara.
7. Mengabaikan minat dan hobi sering kali calon pekerja
mengabaikan minat dan hobi yang di anggap nya tidak berhubungan dengan
pekerjaan yang akan mereka jalani.Dalam
wawancara kerja, jangan ragu menceritakan hobi yang mungkin agak melemceng
dengan pekerjaan yang anda lamar. Sebab, hal itu akan menunjukan kemampuan anda
lainnya.Misalnya,hobi menulis puisi menunjukan bahwa anda adalah seorang yang
kreatif.
8. Tak tahu latar belakang perusahaan , banyak pelamar
yang sudah mempelajari bagaimana menjawab pertanyaan dasar.Namun,seringkali
mereka lupa mencari informasi mengenai profil singkat perusahaan dan latar
belakang lainnya.
9. Tidak mengajukan pertanyaan di akhir wawancara,
pewawancara akan menanyakan apakah ada pertanyaan yang akan disampaikan
pelamar.Dalam hal ini,banyak pelamar yang memilih diam agar terlihat mengerti.
Namun sesungguhnya memberi pertanyaan tentang pekerja,perusahaan,atau budaya
perusahaan akan menunjukan bahwa di pelamar memiliki minat dan motivasi yang
besar terhadap pekerjaan.
Sebuah
penelitian baru telah di lakukan oleh CareerBuilder menyebutkan bahwa ada
beberapa hal lainnya yang juga dapat berpengaruh besar terhadap keberhasilan
seseorang dalam menjalankan proses wawancara kerja selain beberapa kesalahan
umum lainnya seperti di atas :
Para
profesional yang terdiri dari beberapa pihak sumber daya alam CareerBuilder pun
menjelaskan, bahwa ada di antaranya beberapa kesalahan yang sangat fatal yang
memang sering tidak kita sadari yang bisa membuat seseorang itu mengalami
kegagalan dalam proses wawancara kerja dan pada akhirnya mereka gagal dalam
mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan. Dan beberapa kesalahan tersebut
yaitu sebagai berikut.
§ Hal sepele yang berakibat fatal juga ketika para
pelamar bertanya,’nama perusahaan ini tadi apa ya?’ nah jika anda lupa terkait
nama perusahan,sebaiknya anda menghindari untuk menanyakan hal tersebut ketika
proses wawancara berlangsung.
§ Ketika pihak perusahaan menelpon anda pelamar
menahan panggilan tersebut beberapa menit lamanya, dan setelah melanjutkan
percakapan , pelamar malah mengatakan bahwa dirinya telah memiliki acara lain
yang bersamaan pada jadwal wawancara berlangsung yang memang telah di tentukan
oleh pihak perusahaan.
§ Ketika proses wawancara berlangsung pelamar
mengatakan tepat waktu merupakan hal yang paling penting dalam dunia
kerja,padahal dirinya sendiri datang tidak tepat waktu.
§ Pelamar tidaklah bersikap secara sopan terhadap
orang-orang yang di temuinya di tempat wawancara,padahal sebagian besar dari
mereka merupakan orang-orang yang akan mewawancarainya.
§ Ketika proses wawancara berlangsung,pelamar dengan
sengaja melepaskan sepatunya
§ Pelamar meminta minuman orang-orang yang berperan
sebagai orang yang mewawancarainya
§ Ketika pelamar mencoret-coret fasilitas gedung
tempat wawancara berlangsung
§ Dan hal lainnya yaitu ketika pelamar menyepelekan
gaji yang memang di tawarkan oleh perusahaan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar