Senin, 01 Februari 2016

TUGAS SOFTSKILL TULISAN : CONTOH KASUS PROFESI



PROFESI PESULAP
Pesulap tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita , pesulap ternyata tidak hanya sebuah hiburan semata namun untuk sebagian orang menjadi seorang pesulap merupakan salah mata pencarian, meskipun menjadi pesulap tidak terlalu banyak di minati, namun ternyata menjadi pesulap harus mempunyai keahlian khusus dan ketangkasan tangan,.
Seiring berkembangnya zaman, pesulap dapat di katakan sudah mulai punah sudah jarang kita dapati pesulap di zaman sekarang ini,.
Pesulap merupakan bagian dari seni, bahkan terdapat beberapa universitas mengajarkan trik- trik khusus. Sulap juga banyak macamnya, salah satunya menggunakan kartu.
Di sini saya akan sedikit membahas permainan sulap yaitu street magic, street magic itu sendiri adalah dimana pesulap melakukan pertunjukan sulap secara langsung dan dekat dengan penontonnya dengan menggunakan alat-alat dalam kehisupan sehari-hari, seperti koin,uang kertas,sendok dan alat lainya.
Biasanya seorang stret magician memainkan langsung trik sulapnya secara live, beberapa orang mengatakan bahwa aliran street magic adalah aliran sulap dengan dana termurah, yaitu hanya memakan dana sekitar 20.00-400.000 rupiah untuk sebuah show.
Menjadi pesulap tentunya ingin membuat penonton terkagum-kagum serta penasaran, oleh karan itu supaya trik yang di lakukan seorang pesulap tidak ketahuan biasanya seorag pesulap melakukan 3 hal dasar berikut :
-          Vocal adalah kemampuan dalam berbicara, seorang pesulap harus mahir berbicara dengan penonton agar show yang ia lakukan terlihat lebih nyata seperti pesulap professional.
-          Skill (keterampilan) adalah kemampuan paling penting dan mendasar seorang pesulap yang mencakup kecepatan tangan, misdirection dan force. Juga dimana seberapa hebat dan banyak trik yang dapat di lakukan.
-          Attitude (sikap) adalah bagaimana sikap pesulap dalam show agar permainan sulapnya terlihat lebih professional.
Ruang likup pesulap sekarang ini tidak hanya sebatas pada anak kecil saja namun orang dewasa juga sudah banyak yang terhibur, dalam pekerjaan nya seorang pesulap biasanya melakukan show di televise maupun di atas panggung, terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan sebelun , di saat atau setelah show, yaitu :
-          Jangan mengulangi trik pada orang yang sama sebagi contoh , jika pesulap melakukan trik sulap bernama ‘coint on shoulder trick’ yaitu trik sulap di mana koin bisa berada di bahu penonton, trik sulap ini mengandalkan kecepatan tangan dan pengalihan perhatian, jika seorang pesulap mengulangi pada orang yang sama keungkinan besar penonton akan mengetahui rahasia trik karan orang tersebut akan lebih focus.
-          Bersahabatlan dengan penonton, maksudnya adalah bersikap ramah saat show dengan penonton, hal ini sangat penting karena perkataan maupun tindakan dapat menggiringi seseorang untuk mengikuti yang pesulap inginkan.
-          Kendalikan emosi, pengendalia emosi sangat lah penting.
-          Jangan beritahu bagaimana cara kerja trik yang barusan di lakukan,.
-          Lakuan persiapan sebelum melakukan pertunjukan, misalkan timing ( pengaturan waktu),peralatan,maupun persiapan trik.
-          Pentingnya kontak mata saat show karena kontak mata dapat di lakukan untuk mengalihkan perhatian.
Tidak mudah bukan menjadi seorang pesulap ?? selain untuk menghibur ternyata banyak sekali aspek yang perlu di perhatikan untuk menjadi seorang pesulap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar